Svara, Platform Radio Internet Lokal Bidik 2 Juta Pengguna

Dini Hariyanti
4 Januari 2019, 19:00
Internet desa
Donang Wahyu|KATADATA
Petani mencoba koneksi internet menggunakan wifi di tengah persawahan di desa Melung, kecamatan Kedung Banteng, Banyumas, Jawa Tengah.

PT Svara Inovasi Indonesia akan merilis layanan radio, musik, dan podcast berbasis internetnya pada akhir kuartal pertama 2019. Platform digital lokal bernama Svara membidik 2 juta pengguna pada 2020.

Chairman Svara Inovasi Indonesia Hemat Dwi Nuryanto menyatakan, pada tahun ini diharapkan setidaknya tercapai 500.000 pengguna. "Strategi gaet pasar dengan fokus melakukan shifting pendengar radio dulu," katanya kepada Katadata.co.id, Jumat (4/1).

(Baca juga: Basis Data Tertata, Pendapatan Industri Musik Capai Rp 10 Triliun)

Hemat menuturkan, sejalan dengan laju penetrasi telpon pintar maka para pengguna smartphone bakal menjadi calon konsumen potensial Svara. Berdasarkan data AC Nielsen, imbuhnya, jumlah pendengar musik dan radio AM/FM di Indonesia sekitar 95 juta. 

Saat ini, sudah tercapai kerja sama bisnis di antara penyedia platform, industri musik, maupun pelaku industri radio terkait skema revenue sharing. Hemat enggan menjabarkan detil, yang pasti kesepakatan dengan pelaku bisnis musik baru mencakup layanan shuffling.

"Kami sekarang sedang tunggu proses kesepakatan dengan investor dulu agar lebih terjamin kesinambungan bisnisnya. Sekarang secara teknis sudah siap," tutur Hemat. (Baca juga: Deretan Lagu Viral Sepanjang 2018)

Pada awal pengembangan Svara, perusahaan sempat memperoleh pendanaan melalui program inkubasi dari salah satu perusahana telekomunikasi. Tapi, Svara secara umum digarap dengan mengandalkan pendanaan internal atau bootstrapping.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...