Arcandra Imbau Investor Tak Perlu Khawatir Investasi di Tahun Politik

Anggita Rezki Amelia
7 Januari 2019, 18:25
Arcandra Tahar
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengimbau agar investor tak perlu khawatir menanamkan modalnya di Indonesia saat tahun politik, terutama di sektor minyak dan gas bumi (migas). Pemerintah akan tetap bekerja untuk memberikan kepastian berinvestasi bagi investor.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan  salah satu yang sedang diselesaikan adalah kepastian pengelolaan blok migas yang akan berakhir tahun 2023. Hingga empat tahun ke depan, sebenarnya ada tiga blok yang akan berakhir yakni Rimau, Jabung dan Corridor.

Akan tetapi, pemerintah sudah memutuskan pengelolaan Blok Rimau ke PT Medco E&P Rimau. Perusahaan besutan Arifin Panigoro ini mendapatkan kontrak baru hingga 20 tahun sejak 22 April 2023.

Alhasil, hingga kini tersisa Blok Jabung dan Corridor yang akan diputuskan tahun ini. “Kami selesaikan sampai blok yang habis kontrak tahun 2023,” ujar Arcandra, Senin (7/1).

Menurut Arcandra, tahun politik juga belum berpengaruh terhadap iklim investasi. Alasannya, peminat lelang blok migas dalam beberapa tahun terakhir diminati investor.

Tahun lalu, dari tiga kali tahapan lelang blok migas yang  dibuka oleh Kementerian ESDM, sembilan blok migas laku dilelang dengan skema gross split. Sementara, tahun 2017 juga laku lima blok migas. Sehingga total blok migas yang sudah menggunakan skema gross split ada 36.

Meski begitu, Arcandra tidak bisa memastikan apakah skema gross split akan tetap bertahan jika ada pergantian pemimpin. “Kalian pasti tahu atau tidak nanti akan hidup. Kalau tidak tahu hidup nanti, sudah serahkan ke Tuhan. Sekarang peraturannya begitu,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...