Banyak Saham Murah, Otoritas Bursa Batal Pangkas Ukuran Satuan Lot

Image title
8 Januari 2019, 20:22
Bursa Efek Indonesia (BEI)
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Joko Widodo (dua dari kanan) secara resmi melakukan penutupan perdagangan pasar modal seiring berakhirnya 2018 di PT. Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Selatan (28/12). Penutupan tersebut dihadiri Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Ketua OJK Wimboh Santoso, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Wakil Ketua DK OJK Nurhaida dan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi.

Rencana Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk memangkas jumlah saham dalam satu lot sebanyak 100 lembar saham saat transaksi, diperkirakan tidak akan diterapkan dalam waktu dekat. Alasannya, investor dinilai masih mampu menjangkau dan melakukan transaksi di pasar modal dengan satuan lot tersebut.

"Satuan satu lot sebanyak 100 lembar saham saja, tidak mengurangi aksesibilitas," kata Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi ketika ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (8/1).

Hasan menilai, harga saham di pasar modal dalam negeri saat ini tidak terlalu mahal untuk dapat ditransaksikan oleh investor terutama investor ritel. Dia mengatakan, dari 620 emiten yang ada di pasar modal, sekitar 90% atau 570 emiten harga sahamnya masih di bawah Rp 5.000 per lembarnya.

Artinya, masih banyak saham yang bisa diakses walau investor memiliki dana yang terbatas. "Jadi, kesulitan kah investor kita dengan besaran lot (satu lot setara dengan 100 lembar saham) di harga saham saat ini? Rasanya tidak. Sekitar 570 saham bisa diakses dengan modal awal hanya Rp 500.000," kata Hasan menambahkan.

(Baca: E-Book Building Siap Diterapkan, SRO Pasar Modal Masuk Pasar Primer)

Minimal pembelian saham dalam satu kali transaksi adalah satu lot alias 100 lembar saham. Sehingga, investor masih memiliki banyak pilihan saham murah untuk berinvestasi dengan jumlah minimal pembelian saham minimal tersebut.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...