Dorong Daya Saing, Pemerintah Terus Perbaiki Infrastruktur dan SDM

Rizky Alika
8 Januari 2019, 19:03
To Jakarta-Cikampek
ANTARA FOTO | Risky Andrianto
Pengerjaan infrastruktur di jalan Tol Jakarta-Cikampek

Pembangunan infrastruktur tetap menjadi strategi jangka panjang pemerintah untuk meningkatkan daya saing pada 2019. Upaya lain yang difokuskan ialah pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, infrastruktur dapat meningkatkan investasi di dalam negeri. "Kalau (infrastruktur) tidak dibangun, investor akan menganggap percuma," katanya dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2019, di Jakarta, Selasa (8/1).

Sampai pengujung 2018, pemerintah menyelesaikan pembangunan 46 proyek strategis nasional (PSN) senilai Rp 159 triliun. Sementara itu, terkait pengembangan SDM dilakukan peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan vokasi. Pasalnya, 58% penduduk bekerja merupakan lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

(Baca juga: Genjot Daya Saing, JK Sebut RI Bisa Tiru Prinsip Industri Tiongkok)

Dalam jangka pendek, pemerintah fokus memperbaiki iklim usaha melalui Online Single Submission (OSS), memfasilitasi insentif perpajakan, serta mendorong program vokasi. Penyederhanaan prosedur juga dilakukan untuk menekan biaya ekspor disertai pemilihan komoditas ekspor unggulan.

Darmin berpendapat, sinergi pemerintah dengan dunia usaha dalam meningkatkan daya saing diperlukan dalam menghadapi dinamika perekonomian global. Oleh karena itu, pemerintah akan mengoptimalkan peran teknologi.

Investasi juga dipacu guna mendorong kinerja perekonomian menjadi lebih produktif. Tujuan lain yakni agar struktur ekonomi lebih efisien sekaligus memiliki kapasitas produksi, teknologi, serta tenaga kerja.

(Baca juga: Terpengaruh Global, Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi 2018 Diprediksi 5,15%)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...