BP Gandeng Seamless Terapkan Skema Baru untuk Vendor Pipa Tangguh

Anggita Rezki Amelia
9 Januari 2019, 21:48
BP Tangguh
@kementerianesdm

BP Berau Ltd hari ini menandatangani kerja sama dengan PT Seamless Pipe Indonesia Jaya (SPIJ) untuk proyek pipa di Tangguh. Kerja sama ini menggunakan skema konsinyasi atau (Vendor Managed Consignment/VMC).

Skema VMC ini diklaim sebagai pertama kali dalam sejarah industri minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia. Dengan skema ini kontraktor tidak langsung menggunakan skema beli putus. Artinya, kontraktor bisa beli sesuai dengan kebutuhan saat itu.

Advertisement

Dengan skema itu biaya lebih efisien. Ini karena biaya perlindungan, perawatan, penyimpanan serta beban biaya persediaan (inventory carrying cost) berkurang.

Adapun, lingkup kerja sama mengenai pengadaan high-grade oil country tubular goods (OCTG) serta perlengkapan dan tambahan jasa lain yang akan digunakan untuk mendukung aktivitas pengeboran Tangguh. OCTG terdiri dari pipa selubung dan pipa produksi yang digunakan dalam produksi minyak dan gas.

Perjanjian ini ditandatangani oleh Wells PSCM Manager BP Indonesia, Herbiana Wintawati dan Direktur PT. SPIJ, Pungky Hermawan; serta disaksikan oleh VP PSCM BP Indonesia, James Tehubijuluw, Kepala Divisi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa, Bapak Erwin Suryadi dan Andrea Previtali, Managing Director PT. SPIJ.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan perjanjian ini bukan hanya dapat menghasilkan sebuah operasi yang efisien, tapi berpengaruh ke penggunaan produk lokal. “Melewati angka minimum 15% persyaratan tingkat kandungan dalam negeri dengan angka 26,24%,” ujar dia berdasarkan keterangan resminya, Rabu (9/1).

Selain itu, perjanjian ini juga mewajibkan SPIJ untuk menggunakan ulang pelindung pipa (threading protector OCTG) dan mengurangi sampah plastik setelah pipa di pasang di dalam sumur. Ini sejalan dengan proses pengadaan berwawasan lingkungan.

(Baca: BP Kirim Kargo LNG ke-1.000 Selama Beroperasi di Indonesia)

Head of Country BP Indonesia, Moektianto Soeryowibowo mengatakan perjanjian ini merupakan bukti nyata BP memodernisasi dan mengubah cara kerja yang lebih baik, kuat dan efisien. “BP senantiasa berkomitmen untuk menjalankan operasi yang aman dan andal,” kata dia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement