Empat Tahun Catat Prestasi, Kemendes Lanjut Kerja Keras di 2019

Tim Publikasi Katadata

9/1/2019, 10.23 WIB

Sejak terbentuk pada 2014 Kemendes PDTT terus memperbaiki kinerja yang tercermin dalam peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi.

Menteri Desa dan PDTT
Katadata

Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo bersilahturahmi dengan seluruh pegawai Kementerian halaman parkir gedung Kemendes PDTT Kalibata pada Selasa (8/1).

 

Silaturahmi menjadi momentum penguatan Reformasi Birokrasi Kementerian Desa PDTT, untuk mewujudkan Birokrasi yang akuntabel, efektif, dan efisien. Sekaligus untuk mengawali 2019 dengan penuh semangat dan kerja keras. Silaturahmi juga untuk membangun transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintahan serta menyelaraskan capaian maupun program kementerian demi pembangunan berkelanjutan.

 

Sejak terbentuk pada 2014 Kemendes PDTT terus memperbaiki kinerja yang tercermin dalam peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi menjadi 64,16 pada 2017 dari sebelumnya 63,79. Tata kelola arsip kementerian melesat ke peringkat 6 pada 2017, dari sebelumnya 32.

 

Sementara Ombudsman menilai standar pelayanan berada di zona hijau pada 2018. Nilai akuntabilitas kinerja juga terangkat menjadi 61,79 pada 2017 dari sebelumnya 60,95. Pada 2017, BPK meyematkan kembali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), sebagaimana tahun sebelumnya. Kinerja penganggaran 2018 naik menjadi 92,83 persen dari sebelumnya 88 persen dan tunjangan kinerja terdongkrak menjadi 60 persen dari 47 persen. 

 

"Serta sejumlah prestasi lainnya, prestasi ini merupakan buah dari komitmen, perjuangan dan kerja keras seluruh pegawai. Mari jadikan ini sebagai 

penyemangat untuk semakin produktif, berkelas, dan profesional pada tahun 2019," kata Menteri Eko Putro Sandjojo sembari i menyampaikan terima pada jajarannya untuk segenap kerja keras selama empat tahun Kemendes berdiri.

 

Mendes PDTT mengapresiasi capaian target pengentasan 5.000 desa tertinggal menjadi desa berkembang dan peningkatan 2.000 desa berkembang menjadi desa mandiri sesuai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015 ‐ 2019.

 

"Presiden di Trenggalek menyampaikan tingkat kepuasan tertinggi salah satunya program dana desa yang mencapai 85 persen. Memang masih banyak masalah. Namun dengan kerja keras kita semua, program ini bisa berjalan dengan baik," lanjutnya. Eko mengingatkan pekerjaan belum selesai karena masih ada desa tertinggal walaupun target RPJM sudah terlampaui.

 

Dalam silahturahmi ini, seluruh jajaran pegawai di lingkungan Kemendes PDTT menyampaikan komitmennya yang dituangkan dalam Komitmen Kalibata 2019. Yakni, meningkatkan kinerja Kemendes PDTT dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi.

 

Selain itu juga berkomitmen menjunjung tinggi nilai-nilai akuntabilitas, profesional, integritas dan kebersamaan dalam menjalankan tugas dan  program reformasi birokrasi. Ini dilakukan melalui peningkatan kapasitas birokrasi, peningkatan pelayanan publik dan menghilangkan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Tak hanya itu, seluruh Pejabat Tinggi Madya juga menandatangani Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas disaksikan oleh Menteri Eko.

 

Di akhir acara, para pegawai Kemendes PDTT mendapatkan siraman rohani dari KH. Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq  dan menikmati hiburan serta doorprize.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Kemendes PDTT berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Marwan Ja'far, kemudian pada 2016 tongkat kepemimpinan beralih kepada Eko Putro Sandjojo.

 

Kunjungi http://kemendesa.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha