Pertamina Naikkan Target Produksi Migas Tahun Ini

Anggita Rezki Amelia
9 Januari 2019, 15:32
Blok Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Pertamina Hulu Energi

PT Pertamina (Persero) meningkatkan target produksi dan lifting minyak dan gas bumi (migas) tahun ini. Hal tersebut seiring dengan semakin gencarnya pengeboran yang dilakukan perusahaan pelat merah tersebut.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan tahun ini dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2019, target produksi migas Pertamina 921,54 ribu barel setara minyak per hari (Mboepd). Ini meningkat 1,66% dibandingkan target 2018 sebesar 906,41 Mboepd.

Advertisement

Sementara itu, target lifting migas Pertamina tahun ini 735,40 mboepd atau meningkat 101% dibandingkan  tahun lalu sebesar 724,89 Mboepd. "Jadi kami tetapkan lifting harian bersama Kementerian ESDM," kata Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR, Jakarta, Rabu (9/1).

Di tempat yang sama, Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengatakan target produksi Pertamina tahun ini 80% akan disokong dari produksi dalam negeri. Sisanya dari aset luar negeri.

Salah satu penopang produksi dan lifting migas Pertamina adalah Blok Mahakam. Pertamina berupaya meningkatkan produksi blok tersebut dengan mengebor sumur  lebih massif.

Tahun ini Pertamina mengebor  103 sumur pengembangan untuk menopang produksi Blok Mahakam dengan mengggunakan lima rig pengeboran. "Kami akan mengebor setiap tiga hari satu sumur," kata Samsu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement