Jokowi Minta Bulog Kosongkan Gudang untuk Serap Beras Petani

Michael Reily
10 Januari 2019, 11:26
Beras Bulog
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (kanan), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggar Lukito (kanan), dan saat melakukan peninjauan gudang beras milik Perum Bulog di divre DI Jakarta-Banten, Kelapa Gading, Jakarta, (10/1). Peninjauan tersebut guna mengecek langsung ketersediaan pasokan beras di gudang tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Perum Bulog menggelar operasi pasar besar-besaran. Langkah itu selain dapat menstabilkan harga, juga bisa memberikan ruang pada gudang Bulog sehingga dapat dimanfaatkan untuk menampung serapan beras milik petani pada masa panen raya nanti.

“Nanti bulan Februari dan Maret sudah mulai panen raya, Bulog serap beras petani besar-besaran,” kata dia di sela kunjungannya ke gudang Bulog Divisi Regional Jakarta dan Banten, di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (10/1).

(Baca: Rentan Mengerek Inflasi, Harga Beras Jadi Fokus Utama Jokowi)

Dalam kunjungannya, Jokowi juga didampingi oleh Direktur Utama Bulog Budi Waseso, Menteri Koodinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, serta Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Jokowi mengatakan, stok akhir Bulog pada akhir Desember 2018 mencapai 2,1 juta ton. Pasokan itu merupakan volume yang besar jika dibandingkan stok tahun lalu yang hanya sebesar 700 ribu hingga 800 ribu ton.

Oleh karena itu, dia memastikan harga beras sudah terkontrol dengan baik.  Sebab, dengan ketersediaan pasokan yang besar akan meminimalisir lonjakan harga beras di pasar. “Saya sampaikan tren harga beras mulai turun,” ujar Jokowi.

Tak hanya menjaga stabilitas harga, Jokowi juga ingin memastikan harga produksi petani dalam suplai beras dapat lebih baik. 

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...