Bohemian Rhapsody, Menang Golden Globes Meski Rating Rendah

Dini Hariyanti
11 Januari 2019, 15:28
Poster Film Bumblebee
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Beberapa pengunjung Cinema XXI Jatinegara melintas di depan poster film Bumblebee, Matraman, Jakarta Timur (26/12).

Bohemian Rhapsody dianggap sebagai film dengan rating terburuk yang berhasil memenangkan penghargaan film terbaik versi Golden Globes. Tayangan bioskop ini disutradarai Bryan Singer.

Film biopik yang menceritakan tokoh legendaris Freddie Mercury tersebut menyabet gelar best picture: drama. Rami Malek, pemeran sosok vokalis Queen itu, juga mendapat penghargaan aktor terbaik.

Advertisement

Bohemian Rhapsody hanya mendapatkan rating 62 persen pada Rotten Tomatoes. "Ini merupakan film yang sedikit disukai tetapi berhasil menyabet best picture," mengutip NME, Jumat (11/1). (Baca juga: Tiga Film Bioskop Terlaris Masuk Nominasi Piala Maya).

Situs yang khusus memberitakan kabar terkait industri film global itu menyebut bahwa yang dialami Bohemian Rhapsody sempat terjadi pula pada 1986. Pada saat itu, film drama romantis Out of Africa hanya memperoleh peringkat 60 persen.

Meskipun demikian, Gitaris Queen Brian May tetap membela film biopik tersebut. Menurutnya, para kritikus Bohemian Rhapsody tidak memberikan penilaian menyeluruh karena menarik kesimpulan cuma berdasarkan trailer tanpa melihat isi film secara utuh.

(Baca juga: Film Aquaman Meraup Rp 12,6 Triliun Secara Global)

Bohemian Rhapsody juga mendapat peringkat 128 dari 149 film yang pernah memenangkan piala Golden Globe untuk sejumlah kategori sejak tahun 1944. Lebih buruk, film The Robe dibintangi Richard Burton pada 1953 hanya mendapatkan rating 33 persen.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement