Bulan Depan, Kemendikbud Tes 159 Ribu Guru Honorer K2

Ameidyo Daud Nasution
11 Januari 2019, 19:02
Unjuk rasa guru honorer
ANTARA FOTO/ANDREAS FITRI ATMOKO
Sejumlah guru honorer melakukan unjuk rasa menuntut pengangkatan mereka menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), di Yogyakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar tes bagi 159 ribu guru honorer kategori 2 (K2) pada pertengahan Februari mendatang. Tes ini merupakan bagian dari solusi untuk para guru honorer yang ingin mengabdi sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya telah membahas hal itu dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), hingga Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Mudah-mudahan pertengahan Februari sudah ada tes Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK)," kata Muhadjir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/1).

Guru honorer yang terpilih untuk mengikuti tes akan mendapat pemberitahuan melalui nama dan alamat yang bersangkutan. Ini merupakan kesepakatan Kemendikbud dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) agar menjadikan guru honorer K2 sebagai prioritas awal.

Guru honorer K2 adalah guru honorer yang digaji bukan dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). "Jadi akan (menggunakan skema) tertutup," kata dia.

Tes ini merupakan bagian dari solusi pemerintah dalam menyelesaikan masalah guru honorer. Total akan ada 736 ribu guru honorer yang diundang tes hingga 2023. Meski demikian, dia tidak bisa melarang apabila di antara guru-guru honorer itu ada yang menolak solusi ini.

(Baca: Banyak CPNS Tak Lulus Tes Kompetensi, Pemerintah Pastikan Ada Solusi)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...