Dana Asing Berdatangan, IHSG Sesi I Naik 0,19%

Happy Fajrian
11 Januari 2019, 13:57
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia

Indeks harga saham gabungan (IHSG) bertahan di zona hijau pada sesi I perdagangan Jumat (11/1). IHSG sempat melesat naik ke posisi 6.359,21 pada pembukaan, namun IHSG sedikit bergerak turun ke posisi 6.341,03 atau naik 0,19% pada akhir sesi I.

Investor asing yang kembali masuk ke pasar saham Indonesia menjadi salah satu faktor pendorong kenaikan IHSG. Hari ini nilai transaksi saham mencapai Rp 4,02 triliun dari 5,28 miliar saham yang diperdagangkan. Investor asing membukukan pembelian bersih saham senilai Rp 300,98 miliar.

Advertisement

Saham-saham bank kelompok bank umum kegiatan usaha (BUKU) 4 menjadi buruan investor asing hingga siang ini. Saham Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI) menjadi saham bank yang paling banyak dibeli asing, yaitu senilai Rp 52,1 miliar, kemudian saham Bank Mandiri Tbk. (BMRI) senilai Rp 43,3 miliar, dan saham Bank Central Asia Tbk. (BBCA) senilai Rp 34,6 miliar.

Namun saham yang paling banyak dibeli asing siang ini yaitu saham Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM) yaitu senilai Rp 80,3 miliar. Saham-saham lainnya yang laris dibeli asing di antaranya Astra International Tbk. senilai Rp 28 miliar, Sri Rejeki Isman Tbk. (SRIL) senilai Rp 21,9 miliar dan Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) senilai Rp 13,9 miliar.

(Baca: Tren Kenaikan Berlanjut, IHSG Dibuka Naik ke Level 6.359,21)

Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya di Jakarta mengatakan aliran dana asing yang kembali masuk ke pasar saham menjadi salah satu faktor yang mendorong IHSG. "IHSG berpotensi melanjutkan kenaikan pada akhir pekan ini (11/1)," katanya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement