Pertamina Bidik Lapangan Minyak "Raksasa" Tuba di Irak

Anggita Rezki Amelia
11 Januari 2019, 21:12
Sumur Minyak
Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan rencana investasi PT Pertamina (Persero) ke luar negeri tahun ini. Salah satunya dengan Irak.

Direktur Pembinaan Program Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan peluang tersebut akan dijajaki nantinya oleh Pertamina. Adapun nama lapangan yang akan dibidik itu adalah Lapangan Tuba.

Lapangan ini tergolong jumbo dan menghasilkan minyak bumi."Pertamina di Irak berminat di Lapangan Minyak Tuba, Irak. Ini  masih dibahas dan belum ada deal," kata Soerjaningsih di Jakarta, Jumat (11/1).

Tak hanya sektor hulu, ,menurut Soerjaningsih, ada kerja sama lain yang dibidik pemerintah Indonesia dengan Irak. Di antaranya kerja sama impor minyak mentah dari Irak, pembangunan kilang, dan pengembangan industri petrokimia. 

Namun, semua kerja sama itu masih dalam tahap penjajakan. Hal ini nanti akan dibahas dalam pertemuan bilateral antar kedua negara.

(Baca: Produksi Migas Pertamina di Luar Negeri Naik Tipis)

Selain itu, tahun ini Kementerian ESDM juga berencana untuk menjajaki kerja sama dengan Azerbaijan. Dalam hal ini pemerintah Azerbaijan menawarkan kerjasama kepada pemerintah Indonesia untuk mengeksplorasi lapangan migas di negara tersebut.

Azerbaijan juga menawarkan untuk impor minyak mentah ke Indonesia. Hal ini nanti akan dibahas dalam forum energi kedua negara.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...