PKB Dinilai Bakal Mampu Menangkan Posisi Empat Besar Pileg 2019

Dimas Jarot Bayu
11 Januari 2019, 09:29
Jokowi di Konsolidasi PKB
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Presiden Joko Widodo berpidato di acara Konsolidasi Caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Balai Sarbini, Jakarta (17/12).

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dinilai bakal mampu memenangkan posisi empat besar dalam Pemilihan Legislatif 2019. PKB dinilai mampu menggusur Demokrat yang sebelumnya berada di posisi keempat pada Pileg 2014.

Berdasarkan survei teranyar Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, elektabilitas PKB pada Desember 2018 mencapai 6,9%. Perolehan suara PKB tersebut meningkat 0,7% dibandingkan survei pada November 2018 yang sebesar 6,2%.

Sementara, elektabilitas Demokrat sebesar 3,3%. Elektabilitas partai berlambang bintang mercy tersebut turun 0,8% dibandingkan survei bulan sebelumnya yang sebesar 4,1%.

Di posisi teratas masih ditempati PDIP dengan elektabilitas sebesar 27,7%. Gerindra dan Golkar menyusul dengan perolehan suara masing-masing sebesar 12,9% dan 10%.

"PDIP dan Gerindra sangat mungkin masih tetap (elektabilitas tertinggi). Golkar dan PKB (urutan selanjutnya). Demokrat sepertinya di luar empat besar," kata Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute Gun Gun Heryanto kepada Katadata di Jakarta, Kamis (10/1).

(Baca: Minus Nasdem, PKS & PBB, 13 Parpol Teken Pakta Integritas Antikorupsi)

Efek Ma'ruf Amin 

Menurut Gun Gun, PKB dapat memperoleh posisi empat besar lantaran terbantu kampanye yang dilakukan calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Selama ini, Ma'ruf dalam kampanyenya kerap diasosiasikan dengan PKB.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...