Target Pengeboran Sumur di Blok Mahakam Meningkat dari Rencana Awal

Anggita Rezki Amelia
11 Januari 2019, 15:26
Ambil Alih Lapangan Migas Blok Mahakam
Arief Kamaludin|KATADATA
Pekerja sedang beraktifitas pada North Processing Unit (NPU) wilayah kerja Blok Mahakam di Kutai Kartanegara, Minggu (31/12).

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah menyetujui program kerja dan anggaran (WP&B)  2019 PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM). Dalam program ini, pengeboran sumur eksplorasi bertambah menjadi 118 sumur, padahal rencana awal 103 sumur.

Menurut General Manager PHM John Anis, target pengeboran ini juga meningkat dari realisasi tahun lalu sebanyak 63 sumur. Pengeboran tahun ini  menggunakan lima rig. Ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya empat rig yang beroperasi. Adapun pengeboran tersebut sebagai upaya untuk mencapai target produksi dan lifting Migas PHM di Blok Mahakam tahun ini.

Tahun ini, target lifting PHM di Blok Mahakam mencapai 196 ribu boepd untuk gas, dan realisasi tahun lalu 149 ribu boepd. Untuk target lifting minyaknya 50 ribu bph, atau meningkat dari realisasi tahun lalu sebesar 42.331 bph.

John mengatakan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai target lifting di Blok Mahakam tersebut. "Kami harap ada hasil positif," kata dia di Jakarta,  Kamis (10/1).

Vice President Authorization Coordination, Communication and External Affairs PT Pertamina Hulu Mahakam Agus Suprijanto mengatakan selain pengeboran sumur pengembangan,  akan ada perawatan 6.500 dan pengerjaan ulang (workover) di Mahakam tahun ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...