Pacu Ekonomi, Himpunan Bank BUMN Dukung Aturan Uang Muka Kendaraan 0%

Rizky Alika
15 Januari 2019, 16:00
GIIAS 2017
Arief Kamaludin|KATADATA
Kini masyarakat bisa membeli kendaraan bermotor tanpa membayar uang muka.

Ketua Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) Maryono merespons positif kebijakan pelonggaran pembiayaan kendaraan bermotor dengan uang muka atau down payment (DP) sebesar 0% oleh perusahaan pembiayaan (multifinance). Kebijakan tersebut dianggap dapat mempermudah masyarakat membeli kendaraan bermotor, sehingga ujung-ujungnya memacu perekonomian.

"Kalau dia sudah mendapatkan mobil dan kendaraan, dia bisa melakukan aktivitas ekonomi yang lebih efisien, itu salah satu (alasan)-nya ke sana," kata Maryono di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (15/1).

Advertisement

Sementara itu, ia meyakinkan tingkat pembiayaan bermasalah atau non performing financing (NPF) akan tetap dijaga sesuai dengan kemampuan membayar kembali atau repayment capacity (RPC) debitur yang juga telah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di sisi lain, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi justru menentang kebijakan baru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengizinkan perusahaan pembiayaan (multifinance) menyalurkan kredit kendaraan bermotor dengan DP 0%. Kebijakan tersebut dianggap berisiko tinggi.

(Baca: Berisiko Tinggi, Wapres dan Menhub Tak Setuju Aturan DP Kendaraan 0%)

Menurut JK, kebijakan tersebut bisa menimbulkan banyak kredit macet. “High risk (berisiko tinggi), jangan pula begitu. Kalau high risk begitu yang bekerja nanti para penagih utang,” ujar orang nomor dua di Indonesia ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement