ASDP Indonesia Ferry Layani 7,1 Juta Penumpang Sepanjang 2018

Image title
16 Januari 2019, 14:30
Kapal ro-ro
Antara

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sepanjang 2018 melayani 7,1 juta penumpang, 6,46 juta kendaraan, dan 882,9 ribu ton barang. Capaian tersebut mengalami peningkatan dibandingkan capaian setahun sebelumnya yang didorong salah satunya oleh penambahan konektivitas lintasan penyeberangan yang dilakukan ASDP.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan, capaian pada tahun lalu dilayani oleh 151 unit kapal di 35 pelabuhan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dia menilai, layanan kapal ferry masih menjadi alternatif transportasi penumpang dan logistik yang diminati oleh pengguna jasa dengan melihat tren kenaikan penumpang dan kendaraan.

“Pencapaian angka produksi penyeberangan selama tahun 2018, menunjukkan performa yang positif. Untuk konektivitas penyeberangan tahun lalu ASDP menambah lintasan dari 206 menjadi 234 lintasan. Sementara sektor logistik, ASDP telah mengoperasikan 2 unit kapal ternak dan 2 unit kapal kargo untuk Tol Laut," papar Ira di kantornya, di Jakarta, Rabu (16/1).

Selain itu, lanjutnya, untuk mendukung industri pariwisata, ASDP juga mengoperasikan KMP Komodo di Labuan Bajo, dan KMP Ihan Batak yang melayani di Danau Toba, Sumatera Utara.

(Baca: Maskapai Penerbangan Sepakat Turunkan Harga Tiket Pesawat)

Capaian jumlah penumpang tahun lalu yang mencapai 7,1 juta penumpang tersebut tumbuh 4,2% dibandingkan realisasi pada 2017 yang tercatat sebanyak 6,83 juta penumpang. Tren kenaikan juga terjadi pada angkutan muatan barang yang diangkut mencapai 882,9 ribu ton atau naik 15,6% dibandingkan realisasi tahun 2017 sebanyak 763,8 ribu ton barang.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...