IHSG Dibuka Bergerak Positif Jelang Pengumuman Bunga Acuan BI

Happy Fajrian
17 Januari 2019, 10:45
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali perdagangan hari ini, Kamis (17/1) dengan kinerja positif. Jelang Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI), IHSG dibuka naik 0,14% ke level 6.422,37.

BI diperkirakan akan menahan kenaikan suku bunga acuannya. Gubernur BI Perry Warjiyo kemarin mengatakan bahwa tingkat suku bunga BI saat ini sudah hampir mencapai puncaknya. Apalagi bank sentral Amerika Serikat (AS) The Fed telah memberi sinyal akan lebih menahan kenaikan suku bunga Fed Fund Rate (FFR) sambil melihat perkembangan ekonomi global yang dapat memengaruhi ekonomi AS.

Advertisement

Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya mengatakan mengantisipasi kebijakan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7-Day Repo Rate). "Ekspektasi pasar, BI akan mempertahankan BI 7-Day Repo Rate di level 6 persen," katanya.

Ia mengharapkan kebijakan Bank indonesia sesuai dengan ekspektasi, dengan demikian maka menunjukkan kondisi perekonomian nasional masih berada dalam keadaan stabil yang akhirnya dapat mendorong IHSG lebih tinggi.

(Baca: Gubernur BI Sebut Suku Bunga Acuan 6% Hampir Mencapai Puncaknya

Kinerja IHSG senada dengan mayoritas bursa saham di Asia yang juga bergerak di zona hijau, kecuali indeks Nikkei dan Strait Times yang hingga berita ini ditulis kedua indeks tersebut terkoreksi masing-masing 0,20% dan 0,15%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement