KPU Imbau Relawan Tak Saling Serang Selama Debat Capres 2019

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Dimas Jarot Bayu
17 Januari 2019, 19:26
Persiapan Debat Capres Sesi I 2019
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Lokasi debat pertama capres-cawapres Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta para pendukung pasangan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor Joko Widodo - Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno tidak saling ejek saat debat berlangsung. Debat diharapkan berlangsung secara tertib dan kedua kelompok relawan tak saling terpancing.

Komisioner KPU Evi Novida Ginting menyatakan para relawan dilarang membawa atribut di luar ketentuan. Panitia penyelenggara pemilu hanya menyediakan atribut kipas yang dapat dibawa ke dalam ruangan.

"Kami yakin seluruh relawan yang ada sudah cukup matang menyaksikan debat," kata Evi di Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).

(Baca juga: Sebelum Debat Jokowi-Maruf Doa Bersama, Sandiaga Buka Puasa)

Para politikus juga berharap debat berlangsung tanpa saling menyerang. Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang (OSO) meminta agar debat berlangsung secara intelek dan tanpa emosi.

Debat ditujukan untuk melihat gagasan dari kedua pasangan calon ketika nantinya memimpin Indonesia. "Harapan ke depan, masa depan kita, masa depan anak cucu kita, dan generasi muda," kata OSO.

Ketua DPR Bambang Soesatyo juga meminta agar para pasangan calon dapat tetap kompak dan menjaga rasa persatuan. Dia meminta para pasangan calon ketika debat tak saling melukai.

"Berikan gambaran akan dibawa kemana bangsa ini lima tahun ke depan," ujar Bambang. (Baca: Amankan Debat Capres, Aparat Siagakan 2.000 Personel)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...