Kurangi Tumpang Tindih, Jokowi Janjikan Badan Pusat Legislasi Nasional

Ameidyo Daud Nasution
17 Januari 2019, 21:12
Debat Capres
Antara Foto/Aprillio Akbar
Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma\'ruf Amin tiba untuk mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat pertama yang diikuti pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma\'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo dan Sandiaga Uno tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan adanya badan pusat legislasi nasional guna mempermudah harmonisasi regulasi. Badan tersebut akan dikontrol langsung oleh presiden dengan kebijakan satu pintu.

Hal ini dikatakan Jokowi saat segmen kedua Debat Pilpres 2019, di Bidakara Jakarta, Kamis (17/1). "Pusat legislasi ini nantinya akan dikontrol langsung oleh Presiden sehingga fungsi perundangan dan harmonisasi regulasi dilakukan lebih mudah," kata Jokowi.

Pernyataan Jokowi ini merespons penjelasan Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto soal banyaknya regulasi, seperti Undang-Undang yang tumpang tindih. Prabowo menjelaskan, dalam program kerjanya akan dilakukan penyelarasan sistem hukum di pusat dan daerah. “Ini pekerjaan besar tapi harus dilakukan supaya semua tahu sistem hukum Indonesia,” kata Prabowo.

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menambahkan, harmonisasi hukum ini penting demi menghadirkan peluang investasi. Dia menyebutkan, peluang usaha masih sulit tercipta lantaran ketiadaan kepastian hukum. Oleh karena itu, kepastian hukum harus tersedia untuk seluruh masyarakat.

(Baca: Saling Serang Isu Hukum, Jokowi Sindir Hoaks Ratna Sarumpaet)

Debat perdana Pilpres 2019 berlangsung malam ini di Hotel Bidakara, Jakarta. Debat kali ini mengangkat tema hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.

Debat kali ini dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama debat akan diisi penyampaian visi-misi dari para kandidat. Pada segmen kedua dan ketiga, para kandidat secara bergiliran akan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh panelis.

Pada segmen empat dan lima, para kandidat akan saling melempar pertanyaan. Mereka pun diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan atas jawaban yang diberikan lawannya. Segmen terakhir rencananya diisi dengan dengan pernyataan penutup dari para kandidat.

(Baca: Fokus Jokowi Penyelesaian HAM, Prabowo Singgung Penegakan Hukum)

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...