Harum Energy Minta Restu Pemegang Saham Kucurkan Rp 229 M Demi Buyback

Image title
18 Januari 2019, 19:13
Tambang Batu Bara
Donang Wahyu|KATADATA

PT Harum Energy Tbk tengah menyiapkan dana US$ 16,2 juta atau sekitar Rp 229 miliar untuk membeli kembali sahamnya (buyback). Alasan membeli saham kembali adalah harga yang sudah terlalu rendah.

Adapun saham yang akan dibeli mencapai 133.379.900 lembar atau 4,93% dari modal. "Maksimum cuma 10%, sebelumnya sudah 5,07%," kata Direktur Utama Harum Energy, Ray Antonio Gunara, di Jakarta, Jumat (18/1).

Untuk mendapatkan persetujuan tersebut, perseroan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) luar biasa pada hari ini. Adapun, keputusannya akan diumumkan pada 22 Januari 2018

Dana tersebut berasal dari saldo laba yang dimiliki perseroan. Saham yang akan dibeli kembali itu ditempatkan sebagai treasury stock untuk jangka waktu tidak lebih dari tiga tahun tanpa menutup kemungkinan dapat melakukan pengalihan atas saham hasil buyback.

Selain karena dianggap nilai saham sudah terlalu rendah, pertimbangan membeli kembali saham adalah meningkatkan pengembalian ekuitas (Return on Equity/ROE). Pertimbangan lain adalah memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi perseroan dalam mengelola modal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...