Alipay-CIMB Niaga Sudah Mengajukan Izin Kerja Sama ke Bank Indonesia

Happy Fajrian
18 Januari 2019, 09:03
CIMB Niaga.jpg
Arief Kamaludin|KATADATA
BI: CIMB Niaga telah mengajukan permohonan izin untuk bekerja sama dengan Tekfin asal Tiongkok, Alipay.

Jasa pembayaran asal Tiongkok, Alipay, selangkah lebih dekat untuk masuk pasar Indonesia. Bank Indonesia (BI) menyatakan Alipay sudah menyepakati kerja sama dengan PT CIMB Niaga Tbk dan telah mengajukan permohonan izin kepada BI.

Teknologi finansial alias financial technology (fintech) asal Tiongkok, Alipay dan WeChat Pay, menyatakan tertarik masuk pasar Indonesia dan sudah mengadakan pembicaraan dengan sejumlah bank di Tanah Air, di antaranya PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT CIMB Niaga Tbk.

"Progresnya adalah saat ini, BCA dengan Alipay dan BRI dengan Alipay dalam proses kelengkapan dokumen. Yang maju adalah kerja sama dengan CIMB Niaga sudah masuk ke kami," kata Deputi Gubernur BI Sugeng di Jakarta, Kamis (17/1).

Sugeng menambahkan, setelah dokumen tersebut masuk, BI akan memverifikasi kelengkapan berkas dan penilaian rencana operasi bisnis. Salah satu faktor yang akan dinilai BI adalah sistem keamanan yang ditawarkan Alipay dan CIMB bagi konsumen.

(Baca: Setelah Menggandeng BNI, Alipay Dekati BCA dan BRI)

"Jadi kami akan lihat secara teknisnya di sistem penyelenggaraannya, kami harus cek, apakah cukup aman bagi konsumen. Jadi ini sementara itu updatenya," jelasnya.

Sugeng juga menegaskan, hingga saat ini BI belum memberikan izin kepada Alipay dan WeChat Pay untuk beroperasi di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...