Facebook Hapus 753,7 Juta Akun Palsu pada Awal 2019

Desy Setyowati
21 Januari 2019, 17:57
Facebook
Katadata

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Facebook sudah menghapus 753,7 juta akun palsu secara global pada Kuartal I-2019. Hal ini merupakan langkah Facebook untuk mengurangi penyebaran informasi palsu (hoaks) dan ujaran kebencian.

Facebook election Integrity Efforts Katie Harbath menyampaikan, 98% akun palsu yang dihapus itu dideteksi oleh tim internal Facebook atau sebelum ada pelaporan dari pengguna. "Kami ingin Facebook memberi dorongan positif bagi demokrasi di dunia," kata dia saat diskusi bertajuk 'Pemuda Memilih' di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (21/1).

Hanya, ia enggan menyebutkan akun palsu di Indonesia yang dihapus Facebook. Secara keseluruhan, saat ini Facebook memiliki 115 juta pengguna aktif per bulan di Indonesia dan 2,2 miliar di dunia.

(Baca: Kominfo Siapkan Rp 75 Miliar untuk Dukung Pemilu 2019)

Menurut dia, akun palsu bisa menjadi sumber utama konten yang salah makna dan berbahaya. "Kami memblokir jutaan akun palsu setiap hari," ujar dia. Caranya, Facebook memperbaharui sistem yang memungkinkan mereka merespons adanya akun palsu dengan lebih cepat.

Facebook menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk mendeteksi akun palsu. Misalnya, baru mendaftar di Facebook lalu menyampaikan permintaan pertemanan kepada ribuan akun lainnya. "Bisa juga posting di banyak grup selama sehari," kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...