Beda dengan Prabowo, Sri Mulyani Sebut Haiti Tak Sebanding Indonesia

Rizky Alika
22 Januari 2019, 16:37
Sri Mulyani
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan perekonomian Indonesia memang kerap dibandingkan dengan negara miskin. Adapun calon Presiden Prabowo Subianto pernah menyetarakan Indonesia dengan Haiti di Benua Amerika. Namun, Sri Mulyani menekankan kondisi ekonomi Indonesia lebih baik.

"Haiti itu saya ke sana dua kali, pada 2010 dan 2015. Carribean Island, waktu itu ekonominya hancur karena terkena earth quake (gempa bumi), sama seperti Indonesia waktu kena Tsunami. Tapi pas gempa, dia termasuk low income (negara berpendapatan rendah). Tidak comparable kalau dibandingkan," kata dia dalam Forum Diskusi A1 bertajuk “Indonesia Bukan Negara Miskin” di Jakarta, Selasa (22/1).

Advertisement

Bila mengacu pada pegelompokan Bank Dunia, Indonesia sudah lama masuk kategori negara berpendapatan menengah. Berdasarkan klasifikasi terbaru, suatu negara masuk kategori low income bila pendapatan per kapita di bawah US$ 955. Pada 2017, Haiti tercatat masih masuk kategori ini, dengan pendapatan per kapita sebesar US$ 765.

Selanjutnya, suatu negara masuk kategori berpendapatan menengah bawah (lower-middle income) bila pendapatan per kapita berkisar US$ 955-US$ 3.895. Pada 2017, Indonesia masih masuk kategori ini dengan pendapatan per kapita sebesar US$ 3.846.

(Baca: Sri Mulyani Paparkan Empat Kunci Hadapi Jebakan Pendapatan Menengah)

Kemudian, negara masuk kategori pendapatan menengah atas (upper-middle income) bila berpendapatan per kapita antara US$ 3.896-US$ 12.055. Terakhir, suatu negara masuk kategori berpendapatan tinggi (high income) bila pendapatan per kapita di atas US$ 12.055.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement