Banjir Landa 53 Kecamatan di Sulawesi Selatan, 8 Korban Tewas

Pingit Aria
23 Januari 2019, 16:55
Banjir
BNPB
Banjir di Sulawesi Selatan, Rabu (23/1).

Hujan berintensitas tinggi disertai angin kencang dan gelombang pasang telah menyebabkan banjir di wilayah Sulawesi Selatan, sejak Selasa (22/1) siang. Data sementara, 53 kecamatan di di Kabupaten Jeneponto, Gowa, Maros, Soppeng, Barru, Wajo, Bantaeng, Pangkep dan Kota Makassar terendam banjir.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, 8 orang meninggal dunia, 4 orang hilang, dan ribuan warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Selain itu, ribuan rumah dan 10.021 hektar sawah terendam banjir.

“Korban meninggal dunia ditemukan di Jeneponto 5 orang dan Gowa 3 orang, sedangkan korban hilang terdapat di Jeneponto 3 orang dan Pangkep 1 orang,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (23/1).

Ia menyebut, di Kabupaten Jeneponto, banjir melanda 21 desa di 10 kecamatan yaitu Kecamatan Arung Keke, Bangkala, Bangkala Barat, Batang, Binamu, Tamalatea, Tarowang, Kelara, dan Turatea dengan ketinggian air 50 – 200 centimeter.

(Baca juga: Ketahanan Hadapi Bencana Butuh Komitmen Politik)

Banyak warga yang mengungsi sementara di atap rumah sambil menunggu dievakuasi. Tim SAR gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI, Tagana, relawan dan lainnya melakukan penanganan darurat. “Evakuasi, pencarian, penyelamatan dan distribusi bantuan masih terus dilakukan,” kata Sutopo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...