Basis Pendukung Jokowi-Ma'ruf di Sumatera, Jabar, dan Banten Terbelah

Dimas Jarot Bayu
23 Januari 2019, 21:20
Jokowi-Ma'ruf Amin
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Calon presiden petahana Joko Widodo didampingi calon wakil presiden Ma'ruf Amin dan para petinggi partai politik pendukung tiba di Gedung Joang, Jakarta, Jumat (10/8).

Basis pendukung partai politik anggota Koalisi Indonesia Kerja (KIK) masih belum solid memilih pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin di wilayah Sumatera, Jawa Barat (Jabar), dan Banten. Di ketiga wilayah tersebut, masih ada pendukung partai KIK yang memilih pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, keterbelahan pendukung partai (split ticket voting) dalam KIK di Sumatera mencapai 29,2%, di Jabar sebesar 32%, dan di Banten sebesar 40,6%. "Basis Join (Joko Widodo-Ma'ruf Amin) lebih banyak terbelah di wilayah barat Pulau Jawa dan Sumatera secara umum," kata Peneliti Senior Indikator Politik Indonesia, Rizka Halida di kantornya, Jakarta (23/1).

Di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta, keterbelahan dari pendukung partai KIK relatif kecil. Hal sebaliknya juga terjadi pada pendukung partai dalam Koalisi Indonesia Adil Makmur (KIAM). Banyak pendukung partai dalam KIAM yang tak memilih Prabowo-Sandiaga. Justru mereka memilih Jokowi-Ma'ruf.

Rizka memaparkan, keterbelahan pendukung partai KIAM di Jawa Tengah dan Yogyakarta mencapai 54,9%. Di Jawa Timur, pendukung partai KIAM yang terbelah pilihannya sebanyak 38,9%.

Adapun keterbelahan pendukung partai KIAM di wilayah lainnya sebesar 38,1%. "Di DKI Jakarta, basis koalisi partai relatif imbang soliditasnya," kata Rizka.

(Baca: Hasil Survei: PAN-Hanura dan 4 Partai Baru Terancam Tak Lolos Pileg)

Menanggapi temuan ini, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Johnny G Plate mengatakan, pihaknya bakal memperhatikan adanya keterbelahan dukungan di Sumatera, Jawa Barat, dan Banten. TKN akan menyiapkan strategi untuk menurunkan tingkat keterbelahan dukungan ini.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...