Hasil Survei: PAN-Hanura dan 6 Partai Baru Terancam Tak Lolos Pileg

Dimas Jarot Bayu
23 Januari 2019, 17:11
Partai politik
ANTARA/OKY LUKMANSYAH

Ambang batas parlemen alias parliamentary threshold sebesar empat persen masih menghantui sejumlah partai politik untuk bisa menembus Dewan Perwakilan Rakyat tahun ini. Bahkan, hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia menunjukkan ada partai petahana yang bakal terpental dari Senayan.

Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Hanura terancam tak lolos dalam pemilu legislatif (pileg) 2019. Elektabilitas dua partai tersebut kemungkinan jatuh di bawah empat persen. Indikator mencatat tingkat keterpilihan PAN hanya 2,7 persen sementara Hanura 1,1 persen.

(Baca: Survei LSI Denny JA: PKS, PAN dan Nasdem Terpental dari Parlemen 2019)

Selain keduanya, berbagai partai baru masih sulit menembusnya. Perolehan suara Perindo, misalnya, diprediksi 3,4 persen. Jauh di bawahnya, elektabilitas Berkarya 0,8 persen, Garuda 0,7 persen, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 0,4 persen. Ada pun Partai Bulan Bintang serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) masing-masing 0,4 dan 0,3 persen. “Partai lain masih lebih rendah,” kata peneliti senior Indikator Rizka Halida di kantornya, Jakarta, Rabu (23/1).

Partai dengan elektabilitas cukup aman yakni PPP tepat berada di ambang batas empat persen. Di atasnya ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan elektabilitas 4,2 persen. Kemudian, Nasdem 5,3 persen, Demokrat 6,3 persen, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 9,3 persen.

(Baca: Fraksi DPR Saling Lobi soal Ambang Batas Presiden di RUU Pemilu)

Posisi ketiga ditempati oleh Golkar dengan elektabilitas 10,7 persen. Lalu Gerindra menempati tangga kedua dengan tingkat keterpilihan 12,2 persen. Adapun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih berada di posisi teratas dengan elektabilitas 21,6 persen. “Jika pemilihan diadakan ketika survei dilakukan, total suara partai dan calon dalam simulasi surat suara, PDIP terbesar,” kata Rizka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...