Targetkan Penyaluran Kredit Rp 3 T, Modalku Ekspansi ke Asia Tenggara

Desy Setyowati
23 Januari 2019, 14:58
fintech modalku
Arief Kamaludin | KATADATA

Mengawali 2019, perusahaan financial technology (fintech) pinjam-meminjam (lending) Modalku memperluas pasar ke satu negara di Asia Tenggara. Saat ini, Funding Societies yang merupakan induk Modalku sudah beroperasi di Singapura dan Malaysia.

Hanya, Co-Founder and CEO Modalku Reynold Wijaya enggan menyebutkan negara mana yang dituju. "Semoga Februari kami sudah soft launch," kata dia saat konferensi pers di Restoran Kembang Goela, Jakarta, Rabu (23/1).

Advertisement

Pengembangan bisnis di negara tersebut sudah dilakukan jauh-jauh hari. Modalku pun sudah membentuk tim di negara tersebut. "Karena baru awal tahun, ekspektasinya adalah bangun dulu pondasi yang kuat," kata Reynold.

Ia juga enggan menyebutkan besaran investasi yang digelontorkan Funding Societies untuk ekspansi ke negara tersebut. Hanya, ia menyampaikan pendanaan seri B senilai US$25 juta atau sekitar Rp 344 miliar yang diperoleh pada April 2018 lalu akan digunakan untuk ekspansi ini.

(Baca: Empat Sektor Digital Diproyeksi Tumbuh Pesat hingga 2020)

Dengan ekspansi ini, ia berharap pinjaman yang disalurkan selama 2019 minimal mencapai Rp 3 triliun. Sebab, Modalku sudah menyalurkan pinjaman Rp 3 triliun sepanjang 2018. Alhasil, sejak berdiri pada 2016 hingga saat ini, Modalku sudah menyalurkan pinjaman Rp 4 triliun.

Pinjaman itu disalurkan kepada lebih dari 140 ribu pemimjam atau 10 ribu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) peminjam di Singapura, Indonesia, dan Malaysia. Sebanyak Rp 2,2 triliun di antaranya disalurkan ke sekitar 90% atau 126 peminjam di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement