IFW 2019, Ini Contoh Desain Fesyen Terinspirasi Kultur Borneo

Dini Hariyanti
24 Januari 2019, 13:28
Indonesia Fashion Week 2019
Dini Hariyanti | Katadata
Salah satu desain busana yang akan tampil dalam Indonesia Fashion Week 2019 bertema kultur borneo.

Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) membebaskan desainer menerjemahkan tema borneo ke dalam berbagai karya busana. Peragaan mini jelang Indonesia Fashion Week (IFW) 2019 menampilkan sembilan contoh rancangan terinspirasi budaya Kalimantan.

"Sebetulnya, tema borneo ini pilihan bebas desainer menerjemahkannya seperti apa," kata Desainer Nani Rahmat saat ditemui Katadata.co.id usai peragaan busana jelang IFW 2019, di Jakarta, Rabu (23/1).

Busana yang hadir dalam fashion show tersebut menunjukkan bahwa masing-masing mengusung karakter berbeda. Tidak hanya dari segi warna tetapi juga bahan dan potongan yang dibuat desainer terbilang variatif. (Baca juga: Kultur Borneo Jadi Inspirasi 200 Desainer Indonesia Fashion Week

Lima rancangan bermain dengan warna hitam secara dominan. Desainer memadukannya dengan aksen tertentu yang berwarna kontras, seperti emas dan putih. Tiga busana lain justru memilih emas sebagai warna dominan dipadukan dengan aksen berbahan kain etnik Kalimantan.

Terdapat satu contoh busana yang tampil penuh warna atau kerap disebut 'tabrak lari'. Karya Nani Rahmat ini mengkombinasikan hijau, merah, hitam, kuning, dan biru tak hanya pada pakaian tetapi juga untuk aksesoris yang melekat. "Saya memang suka sesuatu yang penuh warna," ujarnya.

(Baca juga: Potensial Jadi Kerajinan Unggulan Babel, Sebaran Tenun Cual Dipetakan

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...