Rencana BTN Akuisisi PNM-IM Masih Membicarakan Potensi Sinergi Bisnis

Image title
24 Januari 2019, 22:26
btn-bank-tabungan-negara-2.jpg

Rencana PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN) untuk memiliki perusahaan manajemen investasi (MI) sejak tahun tahun lalu belum kunjung terealisasi. Hingga saat ini proses akuisisi PNM-IM tersebut belum juga menemui titik terang. Padahal, sebelumnya BTN menargetkan, proses akuisisi perusahaan MI dapat dituntaskan November tahun lalu.

Saat ini BTN tengah menjajaki akuisisi anak usaha PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM yaitu PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PNM-IM). Direktur BTN Nixon Napitupulu membenarkan adanya pembicaraan akuisisi antara BTN dan PNM sebagai pemegang saham PNM-IM.

Namun, aksi korporasi ini tak kunjung terealisasi karena adanya beberapa kendala. "Inginnya (akusisi) tahun kemarin. Kita sudah bersedia masuk menjadi minoritas dulu. Justru masalahnya di komersial saja sih," katanya di Jakarta, Rabu (23/1), tanpa merinci kendala apa saja yang dihadapi sehingga menghambat proses akuisisi.

Sementara itu, pada kesempatan yang lain, Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan pembicaraan antara pihaknya dengan BTN lebih menekankan masalah sinergi kedua perusahaan ini di dalam PNM-IM ke depannya. Pembahasan ini dalam rangka mendukung proses bisnis dan tugas masing-masing perusahaan.

 (Baca: BTN Targetkan Akuisisi Manajemen Investasi Tuntas November 2018)

"(Pembahasan) termasuk kemungkinan melalui kepemilikan bersama di anak-anak perusahaan. Jadi, bukan akusisi judulnya, tapi kepemilikan bersama (PNM-IM)," kata Arief kepada Katadata.co.id, Selasa (22/1).

Arief menegaskan bahwa terhambatnya proses akuisisi PNM-IM oleh BTN bukan karena belum adanya kesepakatan terkait harga. Namun, kedua belah pihak saat ini tengah meramu sinergi bisnis yang bisa memperbesar PNM-IM di masa mendatang. Pasalnya, kebutuhan BTN untuk memiliki MI bertujuan untuk menjadi pengelola dana Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). Sementara, PNM fokus pada pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Ke depan, biar efektif sinerginya. Sehingga bisa melakukan perluasan dari sisi BTN yang memang tugas utamanya untuk pengadaan perumahan rakyat, dan dari sisi kami yang tugasnya untuk mengembangkan UMKM, itu sama-sama bisa terakomodasi," kata Arief.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...