Dirut Pertamina: Konstruksi Kilang Balikpapan Mulai Dibangun

Dimas Jarot Bayu
28 Januari 2019, 17:10
Kilang Pertamina
Katadata | Dok.

Konstruksi proyek revitalisasi Kilang Balikpapan di Kalimantan Timur mulai dibangun. Kilang yang ditargetkan beroperasi pada 2023 tersebut dapat mengurangi impor solar hingga 17%.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, dimulainya konstruksi Kilang Balikpapan telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (28/1). "Ya saya lapor saja progress-progress. Kilang Balikpapan, sudah mulai dibangun," kata Nicke.

Pembangunan konstruksi Kilang Balikpapan ini direncanakan sejak akhir tahun lalu oleh Pertamina. Pembangunan konstruksi Kilang Balikpapan tersebut bekerja sama dengan empat kontraktor, yakni SK Engineering & Construction Co. Ltd., Hyundai Engineering Co. Ltd, PT Rekayasa Industri, dan PT PP (Persero) Tbk.

Pertamina memilih empat perusahaan itu sebagai pemenang lelang konstruksi setelah dilakukan evaluasi. Empat perusahaan yang terpilih itu merupakan kombinasi kontraktor dari dalam dan luar negeri.

Mereka membangun kilang secara bersama (joint operation) dengan ruang lingkup pembangunan kilang baik Inside Battery Limit (IBL) maupun Outside Battery Limit (OSBL). Nilai kontrak pembangunan proyek Kilang Balikpapan mencapai US$ 4 miliar atau sekitar Rp 57,8 Triliun.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...