LSI Denny JA: Pascadebat Pertama, Elektabilitas Paslon Stagnan

Dimas Jarot Bayu
30 Januari 2019, 16:43
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Perhelatan debat Pilpres 2019 berpotensi memiliki efek pendongkrak elektabilitas untuk menggaet masyarakat yang belum menentukan atau masih dapat berubah pilihannya.

Debat Pilpres 2019 putaran pertama yang digelar 17 Januari lalu dianggap tak berpengaruh signifikan terhadap elektabilitas kedua pasangan calon (paslon). Perolehan elektoral Joko Widodo-Ma'ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terlihat mengalami stagnasi.

Berdasarkan hasil sigi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf pada Januari 2019 sebesar 54,8%. Angka ini hanya meningkat 0,6% jika dibandingkan dengan tingkat keterpilihannya pada Desember 2018 yang sebesar 54,2%.

Advertisement

Sementara, elektabilitas Prabowo-Sandiaga pada Januari 2019 sebesar 31%. Angka ini hanya naik sebesar 0,4% jika dibandingkan pada Desember 2019 yang sebesar 30,6%.

Dalam survei ini, responden yang menyatakan belum menentukan pilihan sebesar 14,2%. "Survei LSI Denny JA pascadebat pertama menunjukkan, tak ada perubahan signifikan dari elektabilitas kedua pasangan calon," kata Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby di kantornya, Jakarta, Rabu (30/1).

Adjie mengatakan, rendahnya pengaruh tersebut karena orang yang menonton debat pertama didominasi para pemilih loyal. Jumlah penonton yang belum menentukan pilihan atau bakal beralih dukungannya masih minim.

Survei LSI Denny JA mencatat ada 82,1% penonton yang menyatakan tidak akan mengubah pilihan setelah menyaksikan debat. Hanya 5,8% penonton menyatakan akan mengubah pilihannya pascamenyaksikan debat.

Sebanyak 12,1% penonton lainnya tidak menjawab. Sementara, jumlah penonton debat hanya sebesar 50,6% dari total populasi. "Artinya hanya sebesar 2,9% dari populasi yang akan mengubah pilihannya," kata Adjie.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement