Api di Fasilitas Kilang Balongan Padam, Produksi Tak Terganggu

Image title
4 Februari 2019, 15:28
Kilang Balongan
Katadata

PT Pertamina (Persero) memastikan operasional kilang minyak di Balongan tidak terganggu akibat kebakaran di area sekitar Pusat Pengumpul Produksi (Main Gathering Station Asset 3). Ini karena api di dalam area Oil and Gas Transportation (OGT)  berhasil dipadamkan sejak 10.15 WIB, sedangkan kebakaran terjadi pada 09.40 WIB.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Syahrial Mukhtar mengatakan kebakaran itu tidak terjadi di area kilang, melainkan aset hulu PT Pertamina EP. Yang terbakar, merupakan fasilitas yang dibutuhkan untuk operasional kilang atau boiler (pemanas air).

Advertisement

Kejadian tersebut tidak mengganggu operasional MGS Balongan Asset 3 Pertamina EP secara keseluruhan dan tidak mempengaruhi operasional kilang RU-VI Balongan, TBBM Balongan, serta Depot LPG Balongan. Seluruh kegiatan operasional berlangsung normal seperti biasa. “Itu tidak terlalu berpengaruh dan tidak ada korban jiwa,” kata Syahrial kepada Katadata.co.id, Senin (4/2).

Adapun, tim Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) PT Pertamina EP sedang melakukan proses pendinginan. Api dipadamkan dengan menggunakan enam fire truck (damkar) dari Pertamina EP, Pertamina MOR III dan Pertamina RU VI Balongan. Sebanyak dua unit damkar digunakan untuk memadamkan api dan empat unit lainnya disiapkan standby.

PT Pertamina EP sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kodim, Koramil, Polres, dan Polsek untuk pengkondisian lokasi. Saat ini lokasi sudah kondusif dan masyarakat dihimbau untuk tidak mendekati lokasi sesuai dengan aspek HSSE serta demi keamanan dan keselamatan masyarakat. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi.

Penyebab kebakaran masih dalam proses investigasi. Pertamina EP bersama pihak terkait terus melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan dalam penanganan dan pengkondisian lokasi dengan mengutamakan aspek HSSE di lokasi kejadian.

(Baca: Tahun Depan, Kilang Dumai dan Balongan Olah Minyak Sawit Jadi BBM)

PT Pertamina EP Asset 3 merupakan salah satu unit area di bawah PT Pertamina EP. Saat ini PT Pertamina EP Asset 3 menghasilkan produksi minyak sebesar 13.132 BOPD dan gas sebesar 255.64 MMSCFD.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement