Bank Mandiri Siap Danai Rp 1 Triliun untuk Proyek Jalan Tol Jawa Timur

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Happy Fajrian

7/2/2019, 22.05 WIB

Bank Mandiri akan menyalurkan kredit tersebut bersama tiga bank lainnya dengan total kredit sindikasi sebesar Rp 4 triliun untuk pembebasan lahan.

Tol Trans Jawa
Kementerian PUPR
Tol Trans Jawa

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. berencana untuk menggelontorkan dana sebesar Rp 1 triliun untuk pembebasan lahan pada proyek jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi. Namun, Bank Mandiri tidak sendiri dalam menyalurkan kredit karena mereka akan tergabung dalam sindikasi dengan total penyaluran kredit sebesar Rp 4 triliun.

Senior Vice Presiden Corporate Banking Bank Mandiri Yusak Silalahi mengungkapkan, akan ada empat bank yang akan tergabung dengan sindikasi ini. Masing-masing bank akan memberikan kredit dengan nominal yang sama besar. "Jadi proporsional semua, tapi kami belum melakukan, (belum) ada tanda tangan," kata Yusak di Menara BCA, Jakarta, Kamis (7/2).

Ada pun bank lain yang ikut dalam sindikasi ini terdiri dari dua bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sementara satu bank lainnya yaitu PT Bank Central Asia Tbk.

Yusak mengatakan, rencananya pemberian kredit sindikasi untuk pembebasan lahan ini akan dilakukan pada paruh pertama tahun ini, setelah ada kepastian dari operator proyek kapan mereka membutuhkan dana tersebut. Sejauh ini pemberian kredit sindikasi belum masuk ke pembiayaan untuk tahapan konstruksinya. Hal itu karena pihaknya cenderung selektif untuk pembiayaan sisi konstruksinya.

(Baca: Simpanan Asing Hengkang, Bank Mandiri akan Terbitkan Surat Utang Valas)

"Ini masih pembiayaan dana talangan tanah, belum masuk ke proyek infrastruktur pembangunannya. Kalau masuk ke suatu proyek kan mau langsung di-utilize, itu yang kita prioritaskan," kata Yusak.

Konsesi pembangunan jalan tol ini dimiliki oleh anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yaitu PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi dengan kepemilikan sebesar 94,84%. Mereka mengantongi konsesi selama 35 tahun dengan dana investasi mencapai Rp 23,3 triliun.

Ruas Tol Probolinggo-Banyuwangi ini merupakan bagian dari jaringan jalan tol Trans Jawa yang saat ini sudah tersambung dari Merak, Banten hingga Surabaya, Jawa Timur. Ruas Probowangi ini merupakan ruas paling ujung timur dari Tol Trans Jawa.

Ada pun, kebutuhan dana untuk pembebasahan lahan di ruas jalan tol ini sebesar Rp 2,4 triliun. Namun, sebelumnya Jasamarga Probolinggo Banyuwangi sudah mengantongi kredit sindikasi dari empat bank tersebut pada Januari lalu sebesar Rp 2,52 triliun, atau sebesar Rp 630 miliar tiap bank.

Tahun lalu, Bank Mandiri telah menyalurkan kredit total Rp 15,9 triliun untuk proyek infrastruktur jalan. Total pendanaan tersebut naik hingga 108,1% dari realisasi tahun 2017, di mana mereka menyalurkan pendanaan untuk proyek infrastruktur jalan sebesar Rp 7,6 triliun.

(Baca: Tantangan Krusial Pembentukan Holding BUMN Infrastruktur)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha