Bank Mandiri Siap Danai Rp 1 Triliun untuk Proyek Jalan Tol Jawa Timur

Image title
7 Februari 2019, 22:05
Tol Trans Jawa
Kementerian PUPR
Tol Trans Jawa

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. berencana untuk menggelontorkan dana sebesar Rp 1 triliun untuk pembebasan lahan pada proyek jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi. Namun, Bank Mandiri tidak sendiri dalam menyalurkan kredit karena mereka akan tergabung dalam sindikasi dengan total penyaluran kredit sebesar Rp 4 triliun.

Senior Vice Presiden Corporate Banking Bank Mandiri Yusak Silalahi mengungkapkan, akan ada empat bank yang akan tergabung dengan sindikasi ini. Masing-masing bank akan memberikan kredit dengan nominal yang sama besar. "Jadi proporsional semua, tapi kami belum melakukan, (belum) ada tanda tangan," kata Yusak di Menara BCA, Jakarta, Kamis (7/2).

Ada pun bank lain yang ikut dalam sindikasi ini terdiri dari dua bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sementara satu bank lainnya yaitu PT Bank Central Asia Tbk.

Yusak mengatakan, rencananya pemberian kredit sindikasi untuk pembebasan lahan ini akan dilakukan pada paruh pertama tahun ini, setelah ada kepastian dari operator proyek kapan mereka membutuhkan dana tersebut. Sejauh ini pemberian kredit sindikasi belum masuk ke pembiayaan untuk tahapan konstruksinya. Hal itu karena pihaknya cenderung selektif untuk pembiayaan sisi konstruksinya.

(Baca: Simpanan Asing Hengkang, Bank Mandiri akan Terbitkan Surat Utang Valas)

"Ini masih pembiayaan dana talangan tanah, belum masuk ke proyek infrastruktur pembangunannya. Kalau masuk ke suatu proyek kan mau langsung di-utilize, itu yang kita prioritaskan," kata Yusak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...