Lima Festival Budaya Pamerkan Potensi Industri Kreatif

Dini Hariyanti
7 Februari 2019, 15:18
Festival Kreatif KATADATA | Arief Kamaludin
Festival Kreatif KATADATA | Arief Kamaludin
Festival Kreatif KATADATA | Arief Kamaludin

Warisan budaya nasional menjadi sumber gagasan para pelaku usaha kreatif. Inspirasi yang diperoleh lalu dituangkan ke dalam berbagai produk, seperti fesyen, seni rupa dan pertunjukan, kriya, kuliner, dan lain-lain.

Kementerian Pariwista mencatat ada sekitar seratus festival atau karnaval yang khusus dihelat pemerintah menggandeng pelaku industri kreatif pada 2019. Acara ini tak hanya mengangkat pamor industri kreatif di kalangan khalayak lokal, tetapi juga mancanegara.

Ricky J. Pesik selaku Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berpendapat, selain memacu industri pariwisata, perhelatan yang digelar sebaiknya memiliki jejaring untuk mendatangkan pembeli atau investor potensial dari luar negeri.

"Indonesia butuh manajemen jejaring yang bisa mendatangkan potential buyer, seperti manajemen organisasi seni dan produser film. Mekanisme untuk mendatangkan pembeli potensial ini penting," katanya kepada Katadata.co.id, Kamis (7/2).

Terdapat puluhan bahkan ratusan pergelaran budaya dan karya kreatif sepanjang 2019, berikut ini lima di antaranya.(Baca juga: Transaksi Tak Terdeteksi Bikin Sektor Seni Kurang Menonjol

1. Festival Teluk Tomini (1 - 10 April 2019)

Festival Teluk Tomini (Tomini Bay Festival) kembali diselenggarakan berlokasi di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Acara ini menampilkan seni pertunjukan yang mengangkat kearifan budaya lokal serta sejumlah perlombaan.

Selain balap lari secara maraton, acara yang berlangsung selama sembilan hari ini juga akan menggelar kompetisi fotografi, pameran kuliner dan kuliner, kontes kecantikan, dan kompetisi seni rupa.

Festival Teluk Tomini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri) pada 2016. Pada saat itu, lomba memasak menu tradisional Lalampa yang diselenggarakan menjadi kompetisi dengan peserta terbanyak se-Indonesia.

Berdasarkan informasi beberapa sumber, festival pada tahun lalu menarik 400.000 wisatawan domestik dan 5.000 lainnya dari luar negeri. (Baca juga: Survei Booking.com Sebut Orang Indonesia Berwisata Demi Gengsi

2. Festival Asia Afrika (19 Mei 2019)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...