Meski Dibuka Naik 0,13 %, IHSG Berpotensi Turun Hari Ini

Happy Fajrian
7 Februari 2019, 11:02
Bursa
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan tren positifnya pada pembukaan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Kamis (7/2). IHSG terkerek naik 0,13 % ke level 6.556,25, dan semakin memperlebar kenaikannya ke level 6.563,98.

Pada perdagangan kemarin IHSG naik lebih dari 1 % salah satunya berkat dorongan dari data pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2018 yang tumbuh 5,17 %. Walaupun capaian tersebut lebih rendah dari asumsi APBN 2018 sebesar 5,4 %, namun masih lebih baik dari catatan pertumbuhan selama empat tahun terakhir.

Advertisement

Faktor dari dalam negeri dengan data-data ekonominya terbilang baik dari tahun-tahun sebelumnya, begitu juga potensi apresiasi rupiah. "Serta didukung pula sentimen laporan laba perusahaan, menjadi katalis yang bisa mengangkat IHSG melanjutkan kenaikannya hari ini," kata kepala Riset Valbury Sekuritas, Alfiansyah, di Jakarta, Kamis (7/2).

(Baca: IHSG Melesat Naik 1,02% Berkat Optimisme Perekonomian Nasional)

Namun, Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Hariyanto Wijaya, dalam risetnya memprediksi bahwa IHSG hari ini akan turun, salah satunya karena melemahnya kepercayaan konsumen Indonesia pada Januari. Menurut hasil survei keyakinan konsumen Bank Indonesia (BI), indeks keyakinan konsumen (IKK) Januari 2019 sebesar 125,5 lebih rendah dibandingkan periode Desember 2018 sebesar 127,0.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement