PoliticaWave: Jokowi-Ma'ruf Dominasi Percakapan di Media Sosial

Dimas Jarot Bayu
7 Februari 2019, 16:06
Facebook
Katadata

Pasangan calon (paslon) nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendominasi percakapan di media sosial jika dibandingkan dengan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada periode 28 Januari-4 Februari 2019. Hasil analisis PoliticaWave menunjukkan, jumlah percakapan terkait Jokowi-Ma'ruf mencapai 57,25% dari total 1.899.881 percakapan.

Sementara jumlah percakapan terkait pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya sebesar 47,25%. "Pasangan Jokowi-Ma’ruf mengungguli Prabowo-Sandiaga pada jumlah percakapan," kata Founder PoliticaWave Yose Rizal, di Jakarta, Kamis (7/2).

Advertisement

Secara rinci, percakapan terkait Jokowi-Ma'ruf mendominasi di Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Lampung. Kemudian, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Jokowi-Ma'ruf juga mendominasi percakapan media sosial di Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, NTT, Papua Barat, dan Papua. Sementara, Prabowo-Sandiaga mendominasi percakapan media sosial di Aceh, Sumatera Utara, Banten, Kalimantan Barat, Bali, NTB, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara.

Yose menjelaskan, Jokowi-Ma'ruf dibicarakan oleh 61,25% unique user dari total 267.059 akun. Sementara, Prabowo-Sandiaga hanya dibicarakan oleh 38,75% unique user.

Selain itu, Jokowi-Ma'ruf diperbincangkan oleh akun-akun politik sebanyak 92%. Dari kelompok ini, sebanyak 60% akun merupakan pendukung Jokowi-Ma’ruf yang giat menaikkan tagar dukungan.

Sementara 40% akun dari kelompok ini merupakan pendukung Prabowo-Sandiaga. Kelompok akun non-politik mendapat porsi 8% dengan bobot percakapan positif sebesar 87% dan negatif sebesar 13%.

Pasangan Prabowo-Sandiaga diperbincangkan oleh 89% kelompok akun politik. Dari kelompok ini, sebanyak 65% akun merupakan pendukung Prabowo-Sandiaga yang giat menaikkan tagar dukungan.

Sementara, 35% akun dari kelompok ini merupakan pendukung Jokowi-Ma’ruf. Kelompok akun-akun non-politik mendapat porsi 11% dengan bobot percakapan positif sebesar 6% dan negatif sebesar 94%.

(Baca: Kominfo Identifikasi 175 Hoaks Selama Januari, Terbanyak Soal Pemilu)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement