Javanero, Satu Lagi Produsen Kopi Nusantara Jajaki Ekspor

Dini Hariyanti
11 Februari 2019, 14:16
Kopi Gayo
Donang Wahyu | KATADATA
Kopi Gayo

Asosiasi Kopi Spesial Indonesia menyebutkan satu usaha selain Upnormal Coffee Roasters turut ekspansi ke luar negeri, yaitu Javanero. Dalam pemberitaan sebelumnya dikemukakan, ada enam merek kopi bakal merambah pasar global pada 2019.

PT Javanero Indonesia Coffee fokus memproduksi dan memasarkan kopi-kopi spesial dari Pulau Jawa, Bali, dan Sumatra. Sampai berita ini ditulis, Teddy K. Somantri selaku Presiden Direktur Javanero belum merespons Katadata.co.id terkait realisasi rencana bisnis ini.

(Baca juga: Budaya Nongkrong dan Menjamurnya Kedai Kopi di Mataram)

Wakil Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia Daroe Handojo menyatakan bahwa semakin banyak pengusaha mengekspor kopi pascasangrai bukan biji mentah. Mereka juga mencantumkan logo Kopi Indonesia pada kemasan.

“Selama ini, kopi Indonesia hanya diekspor sebagai komoditas, bukan biji kopi yang sudah dikemas merek lokal. Logo Kopi Indonesia itu upaya branding identitas kopi kita supaya lebih bernilai tambah," tuturnya kepada Katadata.co.id, Senin (11/2).

Kopi sangrai campuran (house blend) jadi andalan produsen lokal untuk menembus pasar ekspor. Produk ini dapat menyiasati preferensi konsumen sehingga cita rasa kopi spesial Indonesia lebih mudah diterima masyarakat di negara tujuan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...