Lihat Pengalaman, Stanchart Sebut Investasi Saham Menarik Saat Pemilu

Rizky Alika
11 Februari 2019, 21:37
IHSG
Arief Kamaludin|KATADATA
Investasi saham diprediksi bakal menarik di tahun Pemilu.

Standard Chartered Bank Indonesia memprediksi investasi saham bakal menarik di tahun politik atau tahun pemilihan umum (Pemilu). Prediksi tersebut dengan melihat baiknya kinerja saham pada tahun-tahun Pemilu sebelumnya.

"Kinerja IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) 2009 di atas 20%. Di tahun 2014, malah kinerjanya di atas 40%," kata Managing Director and Head Wealth Management Stanchart Bambang Simarno di Jakarta, Senin (11/2).

Advertisement

Menurut dia, prospek positif investasi saham tahun ini sudah tercermin dari IHSG yang telah kembali ke kisaran 6.400-6.500. Pada perdagangan Senin (11/2) in, IHSG ditutup di level 6.495 atau naik 4,85% sepanjang tahun ini (year to date).

(Baca: 10 Saham Tercuan Pekan Enam, Saham Smartfren Naik Hingga 56%)

Adapun hasil Pemilu diyakininya tidak akan memengaruhi kinerja saham. Sebab, yang lebih diperhatikan investor adalah kondisi fundamental ekonomi domestik. Ditambah lagi, petahana dan pesaingnya memiliki agenda ekonomi yang sama. 

"Siapa pun presidennya, agendanya sama yaitu memajukan perekonomian, memperbaiki infrastruktur, dan mengejar pertumbuhan ekonomi di atas 5,2%," ujar Bambang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement