Contoh Vietnam, Chatib Basri Dorong Reformasi untuk Pacu Ekonomi

Rizky Alika
12 Februari 2019, 14:39
chatib basri.jpg
KATADATA/ Donang Wahyu
Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan pemerintah perlu melakukan reformasi sektor riil untuk mendorong investasi sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia terdongkrak.

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan pemerintah perlu melakukan reformasi sektor riil untuk mendorong investasi sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia terdongkrak. Harapannya, Indonesia dapat menjadi negara berpendapatan tinggi atau negara maju sebelum penduduknya memasuki periode aging population atau populasi yang menua.

Reformasi sektor riil dapat dilakukan dengan meningkatkan kemudahan berinvestasi dan kualitas tenaga kerja, serta deregulasi kebijakan. "Itu bantu investasi masuk dan mendorong economic growth (pertumbuhan ekonomi)," kata dia dalam diskusi Wealth on Wealth Standard Chartered Bank di Jakarta, Senin (12/2) malam.

Berkaca dari Vietnam, reformasi sektor riil-nya telah berhasil mendongkrak investasi masuk. Dampaknya, pertumbuhan ekonomi Vietnam meningkat drastis hingga 7%. Dengan reformasi sektor riil, Chatib berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak stagnan pada kisaran 5% seperti sekarang ini.

(Baca: Harga Komoditas Anjlok Mengancam Pertumbuhan Ekonomi Daerah)

Sementara itu, Presiden Direktur PT Schroder Investment Management Indonesia Michael Tjoajadi meyebut soal perlunya menekan ongkos bisnis (cost of doing business) di Indonesia. Sebab, ongkos bisnis masih terlampau tinggi di mata investor asing. Ini bisa dilakukan dengan peningkatan infrastruktur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...