Pengguna Internet Bisa Jadi Pasar Potensial Produk Perbankan

Cindy Mutia Annur
12 Februari 2019, 08:00
Perbankan
Arief Kamaludin|KATADATA

Kajian McKinsey menunjukkan, pengguna internet merupakan target pasar potensial bagi perbankan. Sebab, masyarakat yang aktif secara digital lebih banyak membeli produk perbankan ketimbang yang tidak.

"Populasi yang aktif secara digital membeli produk perbankan dua kali dalam setahun. Sementara yang kurang aktif menggunakan internet hanya 1,5 kali setahun," ujar Perwakilan McKinsey & Company Indonesia, Guillaume de Gantes di Jakarta, Senin (11/2). 

Advertisement

Menurutnya, perbankan di Tanah Air sudah menyasar pengguna internet. Hal itu terbukti dari penetrasi digital banking yang naik dari 36% di 2014 menjadi 58% di 2017. Artinya, ada kenaikan 1,6 kali lipat.

Kenaikan ini lebih tinggi ketimbang Tiongkok yang hanya 1,5 kali lipat pada periode yang sama. Kenaikan penetrasi digital banking di Filipina dan Vietnam pun hanya 1,1 kali dalam tiga tahun.

(Baca: McKinsey Indonesia Dorong Kerja Sama Bank dan Fintech)

Penetrasi perbankan digital di Indonesia telah meningkat secara signifikan sejak 2014, didorong oleh penggunaan smartphone. Pengguna internet banking di Indonesia tumbuh 1,7 kali lipat dari tahun 2014 yang sebesar 21%, sedangkan pada tahun 2017 sebesar 35%.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement