Surveyor Indonesia Bantu 6 BUMN Perkuat Industri Nasional

Image title
12 Februari 2019, 14:31
Menteri BUMN, Rini Soemarno
Arief Kamaludin|KATADATA
Demi meningkatkan sinergi, Menteri BUMN mengumpulkan seluruh Direktur Utama BUMN agar saling mengenal

PT Surveyor Indonesia (Persero) bekerja sama dengan enam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendukung penguatan industri strategis nasional. Perusahaan tersebut yaitu, PT Pertamina (Persero), PT Len Industri (Persero), PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk, PT Dirgantara Indonesia (Persero), PT Dahana (Persero), serta anak usaha Pertamina, PT Pertamina Bina Medika.

Kerja sama ini tertuang dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangani hari ini. Penandatanganan disaksikan oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN. Fajar Harry Sampurno. 

Kerja sama ini merupakan salah satu upaya sinergi BUMN dan meningkatkan peran perusahaan negara dalam industri nasional. "Salah satu langkah yang bisa ditempuh agar kami (BUMN) bisa bertahan adalah dengan menjalin kemitraan strategis," kata Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Dian M. Noer, di Jakarta, Selasa (12/2).

Dengan kerja sama ini Surveyor Indonesia akan membantu Pertamina melakukan survei untuk pengadaan lahan, seperti yang dilakukan pada proyek Kilang Tuban, Jawa Timur.  Untuk tahun ini, sinergi tersebut bisa membantu survei dalam membangun Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM), sehingga dapat memudahakan operasional.

(Baca: Pertamina Susun Kajian Cari Lokasi Terbaik Bangun Kilang Tuban)

Direktur Manajemen Aset Pertamina M Haryo Yuanianto mengatakan banyak tantangan yang harus dihadapi Pertamina dalam membangun proyek tersebut. "Challenge-nya akan ada lagi di tahun ini, untuk TBBM kami," ujarnya di Jakarta, Selasa (12/2). Sayangnya, dia tidak menyebutkan apa saja tantangan tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...