Demi Naik Kelas Jadi Bank Kakap, BTPN Tak Bagikan Dividen

Image title
15 Februari 2019, 17:25
BTPN
Arief Kamaludin|Katadata
BTPN putuskan untuk tidak membagikan dividen. Laba akan ditahan untuk menambah permodalan demi naik kelas ke BUKU 4 pada 2021.

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk. menyampaikan bahwa tahun ini mereka tidak akan membagikan dividen dari laba bersih yang berhasil mereka peroleh kepada pemegang saham. Keputusan tersebut telah mendapatkan persetujuan dari  pemegang saham melalui rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Menara BTPN, Jakarta, Jumat (15/2).

"Tahun ini, semua laba digunakan untuk ditaruh sebagai modal. Dengan kata lain kami tidak membagikan dividen," kata Direktur Utama BTPN Ongki Wanadjati Dana usai RUPST.

Dengan ditahannya laba bersih tersebut, Ongki mengatakan BTPN bisa semakin memperkuat permodalannya setelah melakukan penggabungan (merger) dengan Bank Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI) yang berlaku efektif awal Februari ini. Permodalan yang kuat akan lebih memudahkan jalan BTPN untuk melakukan ekspansi demi meraih pertumbuhan bisnis.

Selain itu, BTPN memiliki keinginan untuk masuk ke jajaran bank besar dalam kelompok bank umum kegiatan usaha (BUKU) 4 yang memiliki modal inti di atas Rp 30 triliun. Oleh karena itu keputusan untuk tidak membagikan dividen tahun ini salah satunya untuk memupuk permodalan agar dapat mencapai target tersebut.

(Baca: Resmi Merger dengan Sumitomo, BTPN Berambisi Masuk Kelompok Bank Besar)

"Kami ini ingin mencapai BUKU 4 ini dari pertumbuhan laba yang ditahan. Jadi, prinsipnya kita akan memupuk laba dalam tahun-tahun mendatang biar bisa mencapai Rp 30 triliun.," kata Ongki.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...