Modal Pengalaman, Jokowi Kuasai Lima Bidang dalam Debat Kedua

Ameidyo Daud Nasution
15 Februari 2019, 07:04
Jokowi-Ma'ruf Amin
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Calon presiden petahana Joko Widodo didampingi calon wakil presiden Ma\'ruf Amin saat pendaftaraan Pilpres di KPU, Jakarta, Jumat (10/8).

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dinilai telah menguasai lima bidang yang akan menjadi materi debat capres pada Minggu (17/2) mendatang. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menyebut, Jokowi sudah berpengalaman menghadapi persoalan di bidang-bidang tersebut selama empat tahun menjadi presiden.

Tema debat capres putaran kedua adalah energi, pangan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, dan infrastruktur. "Semua sudah dikuasai dengan baik, sudah pengalaman," kata Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Arif Budimanta, di Jakarta, Kamis (14/2).

Dia mencontohkan, di bidang energi, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut telah meningkatkan rasio elektrifikasi hingga hampir menyentuh 100%. Selain itu dari sektor pangan, pemerintahan Jokowi dianggap telah memperbaiki harga beras hingga jagung di tingkat konsumen.

Namun di lain sisi, Arif menjelaskan bahwa penetapan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) membantu petani dalam perbaikan harga pangan. "Ini tidak datang begitu saja tapi ada proses manajemen, eksekusi dan monitoring yang terus menerus," kata dia.

Meski demikian, politisi PDI Perjuangan (PDIP) tersebut merasa debat capres merupakan proses diskusi yang saling mengisi antara Jokowi dengan lawannya yakni Prabowo Subianto. Hal tersebut disebutnya positif bagi Indonesia ke depannya. "Ini diskusi yang mengisi untuk kemajuan bangsa," pungkasnya.

(Baca: Debat Pilpres Kedua, Prabowo Siapkan Kritik Infrastruktur dan Pangan)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...