PLN Turunkan Tarif Listrik Golongan 900 VA Rumah Tangga Keluarga Mampu

Image title
15 Februari 2019, 14:04
Listrik
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Petugas melakukan perawatan jaringan listrik milik PLN di Jalan Raya Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/12/2016).

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) akan memberikan diskon tarif bagi pelanggan dengan golongan R-1 900 Volt Ampare (VA) Rumah Tangga Mampu (RTM) mulai 1 Maret 2019. Insentif diberikan karena adanya efisiensi pada golongan ini menyusul penurunan harga minyak dan kurs dollar.

Nantinya, pelanggan R-1 900 VA RTM hanya akan membayar tarif listrik sebesar Rp 1.300 kilowatt hour (kWh), sedangkan tarif normalnya sebesar Rp 1.352 per kWh. Jumlah pelanggan PLN dengan golongan tersebut sebanyak 21 juta rumah tangga.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka menjelaskan insentif ini diberikan karena PLN berhasil melakukan efisiensi, di antaranya penurunan susut jaringan, perbaikan Specified Fuel Consumption (SFC), dan peningkatan Capacity Factor (CF).

(Baca juga: Penjualan Listrik Tahun Ini Meningkat 5%)

Sedangkan, untuk harga minyak Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) selama tiga bulan terakhir turun dari US$ 62,98 per barel menjadi US$ 56,55 per barel. "Dengan adanya insentif ini, PLN ingin memberikan ruang untuk pelanggan agar dapat lebih banyak memanfaatkan listrik untuk," kata dia, dalam keterangan pers, Jumat (15/2).

Sebelumnya, PLN juga berencana menggratiskan penambahan daya listrik tahun ini. Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir mengatakan kebijakan itu tidak akan mengurangi penerimaan perusahaannya. Justru, dengan semakin banyak masyarakat yang meningkatkan daya, pendapatan perusahaan berpotensi bertambah.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...