Strategi Sri Mulyani Melahirkan Perusahaan Unicorn Lebih Banyak

Rizky Alika
18 Februari 2019, 19:22
Sri Mulyani
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sri Mulyani dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, (8/1). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa keputusan pemerintah meningkatkan anggaran bantuan sosial (Bansos) di tahun 2019 bukan karena menjelang pemilihan umum (Pemilu).

Sejak semalam, perusahaan rintisan atau startup yang menjelma unicorn menjadi buah bibir usai debat calon presiden (capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Hari ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ikut meramaikannya. Kementeriannya sedang menyiapkan strategi untuk meningkatkan unicorn.

Pemerintah akan mengembangkan unicorn sesuai visi Presiden Joko Widodo dengan mendukung dari hulu sampai hilir. “Kalau mengharapkan unicorn menjadi lebih banyak, kami bisa melahirkan seperti Gojek Tokopedia, Traveloka, Bukalapak,” kata Sri Mulyani di kantornya, Senin (18/2).

Advertisement

Menurut dia, perusahaan-perusahaan tersebut didirikan oleh warga Indoensia yang memiliki pendidikan tinggi. Karenanya, peningkatan kualitas sumber daya manusia perlu menjadi prioritas. (Baca juga: Dikabarkan Jadi Unicorn, OVO Fokus Tingkatkan Transaksi)

Unicorn merupakan sebutan bagi perusahaan rintisan atau startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,1 triliun. Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh Aileen Lee, pendiri perusahaan modal ventura Cowboy Ventures.

Sri Mulyani berjanji membenahi sumber daya manusia (SDM) agar banyak yang menjadi pionir di bidang inovatif, misalnya, investasi di bidang SDM. Untuk mendukung hal tersebut, ia sudah berdiskusi dengan perguruan tinggi negeri, seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Univesitas Gadjah Mada (UGM).

Selain itu, kerja sama dengan institusi yang melakukan riset inovasi juga dilakukan. Caranya, melalui program Lembaga Pengelola dan Dana Pendidikan (LPDP); Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; dan universitas.

(Baca: Disinggung dalam Debat Capres, Unicorn Indonesia Hampir Jadi Decacorn)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement