Arcandra: Akses Pembukaan Data Blok Migas Jadi Fokus Pemerintah

Image title
19 Februari 2019, 15:10
Asing Dibatasi dalam Jasa Pengeboran Migas.jpg
KATADATA/
Pemerintah akan membuka data migas secara gratis

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyatakan membuka data blok minyak dan gas bumi (migas) menjadi salah satu fokus pemerintah saat ini. Persoalan keterbukaan cadangan minyak dan gas menjadi salah satu persoalan untuk bisa meningkatkan minat perusahaan berinvestasi di ladang migas Tanah Air.

Kementerian ESDM memang telah menyatakan akan mempermudah investor migas berbisnis di Indonesia. Salah satunya memberikan akses data migas secara gratis. Dengan dibukanya data migas secara gratis, bisa mempermudah para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dalam menemukan cadangan minyak dan gas baru. 

(Baca: Demi Tingkatkan Investasi, SKK Migas Buka Data Seismik)

Namun, Arcandra mengatakan tidak semua data yang bisa diberikan. Dalam keterbukaan data ada beberapa jenis data yang bisa diungkap ke publik dan ada yang tidak. Menurutnya walaupun data yang akan diungkap secara gratis tetapi untuk kerahasiaan juga masih harus tetap dijaga. “Data-data akuisisi bisa kita peroleh secara gratis. Tapi kita juga jaga sesuai kerahasiaannya,” ujarnya di Jakarta, Selasa (19/2).

Pada waktu yang bersamaan Direktur Utama PT Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengatakan data ini sangat diperlukan pelaku usaha hulu migas. Jika data ini dapat diintegrasikan dengan data yang mereka punya, maka hasil analisisnya bisa lebih komperhensif.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...