Rencana BCA Akuisisi Bank Kecil Mundur karena Masalah Harga

Image title
19 Februari 2019, 21:52
Bank BCA
Arief Kamaludin (Katadata)
Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan rencana BCA mengakuisisi dua bank kecil masih terkendala harga.

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) terus melakukan uji tuntas (due diligence) terkait rencana mereka sejak lama untuk mengakuisisi dua bank kecil. Salah satu masalah yang mereka temui yaitu terkait kesepakatan harga yang belum cocok.

"Kan perlu due diligence, kan perlu penyesuaian-penyesuaian lagi. Perlu ada penyesuaian harga setelah lihat isinya bagaimana. Tidak boleh ada 'cacat' segala macam," kata Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Selasa (19/2).

Jahja mengungkapkan, dua bank yang akan dicaplok oleh BCA tersebut merupakan bank dari kelompok bank umum kegiatan usaha (BUKU) 1, yaitu bank yang bermodal inti di bawah Rp 1 triliun. Dia juga memastikan bahwa bank yang tengah diuji tuntas yaitu bank yang tidak terdaftar sebagai perusahaan terbuka di pasar modal.

Jahja mengakui, proses uji tuntas yang mereka lakukan tidak mudah karena pihaknya meneliti dokumen-dokumen bank yang diincarnya untuk memastikan mereka tidak memiliki 'cacat'. Dia mengakui, proses akuisisi yang mereka lakukan memang tidak secepat jika bank asing melakukan akusisi bank dalam negeri.

(Baca: Gandeng BCA, GoWork Buka Coworking Space di Plaza Indonesia)

"Mereka (bank asing) berapa pun (harganya) dibeli. Kalau kita kan sudah banyak cabang, nasabah juga banyak, harus teliti," kata Jahja.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...