Jokowi Janjikan Pembangunan 3.000 BLK Pesantren Tahun Depan

Dimas Jarot Bayu
20 Februari 2019, 20:15
Presiden Joko Widodo di Perjanjian Kerja Sama BLK
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dalam acara penandatangan perjanjian kerja sama Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas 2019 di Jakarta, Rabu (20/2/2019). Pemerintah akan membangun 1.000 BLK Komunitas untuk meningkatkan keterampilan dan produktivitas warga pesantren.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji bakal meningkatkan jumlah Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dengan membangun 3.000 BLK Komunitas di pesantren pada 2020. Angka ini meningkat tiga kali lipat ketimbang jumlah BLK Komunitas di pesantren yang dicanangkan tahun ini sebanyak seribu BLK. 

"Saya tadi sudah sampaikan ke Pak Menteri, seribu itu jumlah yang sedikit. Tahun depan minimal tiga ribu harus terbangun," kata Jokowi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (20/2).

Jumlah BLK Komunitas di pesantren perlu ditingkatkan karena ada 29 ribu pesantren yang tersebar di Indonesia saat ini. Jika pembangunannya hanya seribu unit per tahun, akan butuh waktu lama untuk membangun BLK Komunitas di seluruh pesantren. "29 tahun nanti baru rampung," kata Jokowi.

Kepala Negara juga menilai kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia harus segera ditingkatkan. Ini ditujukan untuk  menyongsong bonus demografi Indonesia pada 2025-2030.

Melalui BLK, Jokowi menyebut sumber daya manusia (SDM) Indonesia nantinya akan memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri. "Saya melihat ini lebih efektif dan membuat sebuah dongkrakan angkatan kerja terampil, berkualitas," kata Jokowi.

Ada pun, saat ini pemerintah telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama BLK Komunitas tahap I 2019. Perjanjian ini dilakukan untuk membangun BLK di 500 pesantren. Sisanya akan dilakukan pada tahap kedua sekitar pertengahan Maret 2019.

(Baca: Tekan Ketimpangan, Pemerintah Cetak Santripreneur dan Petani Muda)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...