Jokowi Lantik Syamsuar-Edy Natar Jadi Gubernur dan Wagub Riau

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Hari Widowati

20/2/2019, 10.44 WIB

Syamsuar sebelumnya menjabat sebagai Bupati Siak selama dua periode. Adapun Edy Natar Nasution sebelumnya adalah Komandan Korem 031 Wira Bima Riau.

Gubernur Riau Syamsuar dan Wagub Edy Natar Nasution
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Gubernur Riau terpilih Syamsuar (kiri) dan Wakil Gubernur Riau terpilih Edi Natar Nasution (kanan) melambaikan tangan sebelum acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta (20/2/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik pasangan Syamsuar dan Edy Natar Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau untuk masa jabatan 2019-2024. Keduanya menggantikan Wan Thamrin Hasyim yang masa jabatannya telah berakhir pada tahun ini.

Prosesi pelantikan Syamsuar-Edy dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/2). Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden RI Nomor 20/P tahun 2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Masa Jabatan 2019-2024.

Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan terhadap Syamsuar-Edy. Pengambilan sumpah jabatan tersebut dipimpin langsung oleh Jokowi dan diikuti keduanya. "Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Syamsuar dan Edy.

Acara kemudian diakhiri dengan penandatanganan berita acara. Setelahnya, Jokowi dan para pejabat negara yang hadir memberikan ucapan selamat atas posisi baru yang diemban Syamsuar-Edy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau. 

Dalam acara tersebut, tampak hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah menteri Kabinet Kerja, Ketua MPR sekaligus Ketua Umun PAN Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Ada pula pimpinan lembaga negara lainnya yang turut hadir dalam acara tersebut.

(Baca: Jokowi Dukung Riau Dapatkan Hak Kelola Blok Rokan di Atas 10%)

Hadir juga Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh yang menjadi salah satu pengusung Syamsuar-Edy. Hanya saja, tak tampak pimpinan PKS di pelantikan Syamsuar-Edy. Selain PAN dan Nasdem, PKS diketahui juga menjadi partai pengusung Syamsuar-Edy.

Syamsuar-Edy sebelumnya telah memenangkan Pilkada 2018 melawan tiga pasangan lainnya. Keduanya meraih 799.289 suara di Riau. Sementara pasangan lawannya, Lukman Edy-Hartdianto yang diusung Partai PKB dan Gerindra mendapat 369.802 suara.

Firdaus-Rusli yang diusung Partai Demokrat dan PPP meraih 416.248 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 4 Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno yang diusung Partai Golkar, PDI-P dan Hanura meraih 507.187 suara.

Syamsuar sebelumnya menjabat sebagai Bupati Siak selama dua periode, yakni 2016-2021. Adapun Edy Natar Nasution sebelumnya adalah Komandan Korem 031 Wira Bima di Riau.

(Baca juga: Berjasa Bagi Riau, Jokowi Dapat Gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara)

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan