Aura Damai Kian Terasa, AS Tunda Kenaikan Tarif Impor Tiongkok

Happy Fajrian
25 Februari 2019, 08:57
USA Cina
ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/File Foto
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, penasehat keamanan nasional AS John Bolton dan Presiden China Xi Jinping menghadiri jamuan makan malam setelah ktt pemimpin negara G20 di Buenos Aires, Argentina, Sabtu (1/12).

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya memutuskan untuk menunda kenaikan tarif terhadap impor barang asal Tiongkok yang awalnya dijadwalkan pada akhir pekan ini. Dikutip dari Reuters, Trump mengatakan pada Minggu (24/2) keputusan ini diambil berkat kemajuan yang berhasil dicapai dalam lanjutan perundingan dagang dengan Tiongkok di Washington DC, AS, pekan lalu.

Trump telah merencanakan untuk meningkatkan tarif menjadi 25 persen dari 10 persen pada impor asal Tiongkok senilai US$200 miliar jika kesepakatan antara dua ekonomi terbesar di dunia ini tidak juga tercapai pada lanjutan perundingan dagang dengan Tiongkok pada Jumat (22/2) kemarin. Namun, pembicaraan akhirnya diperpanjang hingga akhir pekan setelah tercapai kesepakatan tentang nilai tukar selama perundingan pekan lalu.

Para negosiator berusaha untuk mengatasi perbedaan pada perubahan perlakuan Tiongkok terhadap perusahaan BUMN-nya, subsidi, transfer teknologi paksa dan pencurian kekayaan intelektual siber.

Trump mengatakan dalam tweet bahwa kemajuan telah dibuat pada sejumlah isu krusial, termasuk di antaranya terkait perlindungan kekayaan intelektual, transfer teknologi, pertanian, sektor jasa dan nilai tukar.

(Baca: Dipengaruhi Sentimen Negatif dari AS, IHSG Terkoreksi 0,56%)

"Saya akan menunda kenaikan tarif AS yang dijadwalkan untuk 1 Maret. Dengan asumsi kedua belah pihak membuat kemajuan tambahan, kami akan merencanakan pertemuan dengan Presiden Xi dan saya sendiri, di Mar-a- Lago, untuk menyimpulkan kesepakatan. Akhir pekan yang sangat baik untuk AS & Cina!” kata Trump dalam cuitannya di media sosial Twitter @realDonaldTrump, Minggu (24/2).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...